Ingin Kerjasama, Australia Berharap Sanksi Indonesia Dicabut

By Admin


nusakini.com - Kepala hubungan internasional Federasi Sepakbola Australia (FFA), Mark Falvo mengungkapkan, Indonesia merupakan bagian penting dari komunitas sepakbola Asia, dan ingin menjalin hubungan baik dengan negara tetangga mereka ini. Apalagi setelah Australia menjadi bagian dari federasi sepakbola Asia Tenggara (AFF).

“Kami tentunya menginginkan Indonesia kembali bergabung dengan komunitas secepat mungkin,” ujar Falvo dikutip laman The World Game. 

Karena itu FFA berharap sanksi terhadap Indonesia dapat dicabut dalam waktu dekat, sehingga mereka bisa melanjutkan kerja sama yang terhenti akibat adanya pembekuan. 

FIFA telah menjatuhkan sanksi kepada Indonesia pada akhir Mei 2015, karena menilai adanya intervensi pemerintah terhadap PSSI melalui pembekuan organisasi sepakbola nasional tersebut oleh kementerian pemuda dan olahraga (Kemenpora). 

“Mereka merupakan anggota penting di AFC, mereka tetangga terdekat kami, dan punya dukungan besar terhadap sepakbola. Begitu juga dengan gairahnya. Lebih cepat mereka kembali akan lebih baik. Kami sangat menantikan itu.” 

Falvo menambahkan sebelum adanya sanksi terhadap Indonesia, mereka telah menjalin kerja sama. FFA telah menjamu perwakilan Indonesia sebagai bagian dari program kerja sama itu. 

“Sayangnya kami sekarang tidak bisa lagi menjalin hubungan resmi, karena mereka sedang dijatuhi sanksi. Tapi kami tanpa ragu akan segera melanjutkan kerja sama itu saat sanksi sudah dicabut.(ab)